Meneladani Rasullullah Muhammad SAW

Nabi Muhammad terlahir sebagai yatim.pada hari senin tanggal 12 Robiul Awal tahun gajah. Ayah beliau Abdullah bin Abdul Muthollib meninggal dunia ketika Nabi Muhammad belum lahir,Tanpa meninggalkan harta sedikitpun.

Nabi Muhammad sejak kecil sudah berusaha hidup mandiri.Apalagi sejak usia 8 tahun pasca meninggalnya ibu dan kakeknya beliau diasuh pamannya,yaitu Abu Tholib yang notabene kehidupan ekonominya tidak terlalu baik.

Mulailah si kecil Nabi Muhammad mencari sumber penghidupan. Beliau Mengembala ternak milik penduduk Makkah,Ia makan dari tetumbuhan liar yang terdapat di gurun dan meminum susu dari kambing atau domba yang di gembalakannya. Dengan bertelanjang kaki dan mengenakan pakaian yang tak cukup untuk sekedar menutupi tubuhnya,ia habiskan waktu seharian di gurun pasir.Biasanya ia kembali ke rumah sang paman di malam hari untuk sejenak bermalam disana.

Di gurun pasir Makkah yang panas itulah beliau menghayati bentuk alamiah dari kehidupan.Kesulitan hidup,kesendirian,dan rasa tanggung-jawab menjadikannya lebih matang daripada usianya.

Selain itu,Nabi Muhammad juga mulai belajar berbisnis.Saat berumur berumur 12 tahun,beliau sudah ikut pamannya Abu Tholib untuk melakukan ekspedisi dagang ke syam.Setelah itu Beliau merintis usaha sendiri dengan berdagang kecil- kecilan di sekitar Ka’bah.
Dalam kurun waktu yang tidak lama,Nabi Muhammad mulai menampakkan kelihaiannya dalam menjalankan usaha perdagangan.Bahkan beberapa investor Mekah tertarik untuk memercayakan modalnya untuk dikelola oleh Muhammad dengan prinsip bagi hasil maupun penggajian.Salah seorang wanita kaya bernama Siti Khadijah yang kemudian hari menjadi istri beliau.

Dengan kepribadiaanya yang jujur dan terpercaya serta amanah dalam menjalankan bisnis, selama kurang lebih 25 tahun beliau merintis bisnis dari nol hingga menjadi pengusaha sukses.

~ oleh faroq zain pada 12/01/2013.

4 Tanggapan to “Meneladani Rasullullah Muhammad SAW”

  1. “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, keselamatan dan berkah kepada Junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepada keluarganya sebagaimana tiada batas bagi kesempurnaan-Mu, sebanyak bilangan kesempurnaannya (Rasulullah)”
    Aamiin Ya Robbal Aalamiin

    • Amiin ya rob..

      أللهم صل على محمد وعلى آل محمد كماصليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد أللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كماباركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميدمجيد

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: